Contoh soal pemecahan masalah matematika dalam materi pengukuran waktu kelas V SD, yang diujicobakan di SD Negeri Permata Hijau Rancaekek
strategi yang digunakan adalah
strategi yang digunakan adalah
1. Menemukan pola, dalam hal ini anak diharapkan menemukan pola yajng terdapat pada saat membaca waktu. misalnya anak mencari angka istimewa yang berarti anak mencari 2 angka yang sama.
2. Mengubah sudut pandang. Dalam hal ini, membaca waktu dengan menggunakan jam itu biasa, jam yang terdapat angkanya, tak ada angkanya, maupun jam digital, namun dalam hal ini saya ingin mengubah sudut pandang anak untuk membaca waktu melalui cermin.
3. menggunakan strategi maju mundur. Dalam artian menjawab soal dengan menambah atau mengurangi waktu, namun dalam pengerjaannya digabungkan dengan materi sebelumnya yaitu pecahan
dan inilah contoh soal, selamat mencoba!
SOAL
1. Tanda waktu ditunjukkan dengan angka
digital penunjuk jam dan menit. Misalnya 03.25 memberikan arti pukul 3 lebih 25
menit. Dalam sehari ada bebrapa waktu ” istimewa”
yakni jumlah angka-angka penunjuk jam sama dengan jumlah angka-angka penunjuk
menitnya. Contoh waktu “istimewa”
01.01,01.10, 00.11
a.
Dari
pukul 00.01 sampai pukul 02.00, ada berapa banyak waktu istimewa? Sebutkan!
b.
Dari pukul 02.00 sampai 08.00, ada
berapa banyak waktu istimewa ? sebutkan!
a. Jam berapakah dicky melihat jam dingding tersebut?
b. Jam berapakah dicky bangun tidur?
3. Isilah tabel berikut!
No
|
1 1/3 jam
yang lalu pukul
|
Sekarang
pukul
|
1 1/2 jam lagi pukul
|
1 2/3 jam lagi pukul
|
1
|
05.40
|
07.00
|
||
2
|
08.10
|
|||
3
|
10.25
|
|||
4
|
11.15
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar